Sabtu, 27 Desember 2014

Sensasi Wisata Diatas Awan B-29 Lumajang Jawa Timur

sunrise di puncak B29


"Tak ada yang tak mungkin jika kita ada niat dan usaha untuk mencapai yang kita inginkan".

 Mungkin kalimat barusan yang membuat saya berani untuk mendaki ke puncak bukit 29, meskipun belum pernah mendaki gunung yang tinggi-tinggi, bagi saya bisa mendaki ke puncak bukit ini adalah yang pertama saya lakukan. Bagi sebagian orang yang mungkin masih awam dengan tempat wisata B-29 ini. Banyak yang mengira B-29 ini bukan nama tempat wisata melainkan nama deterjen pembersih pakaian, saya pun pertama mendengar namanya juga mengira seperti itu, jadi maklum kalau masih banyak yang belum tau ada tempat wisata keren di daerah Lumajang, tepatnya di desa argosari kecamatan senduro kabupaten Lumajang Jawa Timur.
Mengapa dinamakan puncak B-29? ya karena puncak tertinggi di kawasan lautan pasir Bromo dengan ketinggian 2900 mdpl sebelah tenggara gunung Bromo. Dan karena ketinggiannya itu desa Argosari disebut dengan desa "kahyangan" atau desa "diatas awan" karena jika cuaca cerah dan bersahabat, kita bisa melihat awan yang hampir menyelimuti bukit dan rumah-rumah warga disana. Berasa berada di Kahyangan yang dikelilingi awan putih yang cantik. Jadi gak perlu susah-susah mendaki puncak gunung tertinggi untuk bisa merasakan sensasi diatas awan bukan?
Bagi yang penasaran untuk merasakan berwisata diatas awan, langsung datang dan rasakan sendiri menikmati suasana alam desa dengan bukit-bukit cantik yang berlatar belakang puncak Mahameru yang indah.Jika ingin camping, di puncak bukit sudah ada camping ground untuk para pendaki yang ingin bermalam dan melihat sunrise esok hari.

 Untuk mencapai lokasi wisata B-29, saya melakukan perjalanan dari Surabaya ke kota Lumajang kira-kira 5 jam perjalanan. Untuk mencapai desa Argosari kurang lebih 1 jam dan kita harus melakukan trekking, atau jalan kaki hingga ke puncak kira-kira 3 jam jalan kaki. Kalau gak mau capek, ada jasa ojek motor sampai ke puncak B29 oleh warga sekitar, jadi gak perlu khawatir buat yang gak kuat mendaki hingga puncak. Jika membawa kendaraan pribadi, bisa dititipkan ke rumah warga, karena jalanan sampai ke puncak sangatlah sulit jika ditempuh dengan mobil atau sepeda motor. Jika ingin memacu adrenalin bisa saja bawa motor hingga puncak, dengan kondisi jalan tanah liat dan berbatu dan sebelah kanan dan kiri terdapat jurang dan area pertanian warga sekitar. Harus extra hati-hati jika tak ingin terpeleset ke jurang.
Jika sudah berada di puncak B29, kita bisa melihat panorama gunung Bromo dengan lautan pasir dan bukit teletubbisnya yang membentang luas dan indah di bawah bukit ini. Dan jika melihat kebelakang, sudah ada view Gunung Semeru dengan puncak Mahameru yang indah, sungguh nikmat mana yang kalian dustakan jika sudah berada di atas puncak dengan pemandangan yang gak mungkin kalian temukan di perkotaan. Selamat berkunjung, dan rasakan sensasi wisata diatas awan di puncak B29 Lumajang jawa Timur.
 
 
pemandangan sekitar bukit
 
 
kondisi jalanan menuju puncak B29 cukup terjal harus hati2
 
sampai di puncak pukul 14.30 WIB dan berkabut
 
 
sehabis berkabut awan mendung dan kabut hilang dan tampak view kaldera gunung bromo
 
 
view setelah mendung hilang dan kabut lenyap
 
 
sunrise di puncak B29 esok harinya
 
 
panorama awan dan puncak mahameru yang indah
 
 
panorama gunung bromo dari atas bukit 29
 
 
 salam ransel :)
lumajang, jawa timur, Indonesia
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar